Beli Rumah atau Kontrak: Ambil KPR Bank Apa

posted in: Lifestyle | 1

Seperti sudah bukan sesuatu hal yang asing lagi Kredit Pemilikan Rumah atau disingkat sebagai KPR. Dari sekian banyak Bank yang menawarkan untuk memfasilitasi KPR, kita perlu cermat menentukannya. Uang yang perlu dikeluarkan setiap bulannya ini bukanlah suatu hal kecil, ditambah dengan pengeluaran bulanan seperti saya yang sudah berkeluarga.

 

Namun saat ditawarkan bunga murah, sebaiknya cari tahu dulu mengenai bank tersebut dan produk KPR yang ditawarkan. Alangkah baiknya kalau bisa mendatangi langsung bank tersebut, sehingga tahu apa kelebihan dan kekurangan produk KPR-nya. Bank BNI Syariah yang bekerja sama dengan developer kami ini, lokasinya tidak terlalu dekat dari rumah. Berhubung waktu tempuh ke Bogor sekitar 1 jam lebih, jadi kami berusaha mencari informasi benar-benar hanya melalui internet. Bagaimanapun informasi yang tepat bijaksananya perlu dipilah dan diverifikasi kebenarannya.

 

Lalu hal lainnya yang perlu kita pahami metode perhitungan bunga dari bank. Saya pun tidak secara menyeluruh mengerti semua metode yang ada, tetapi paling tidak tahu perhitungan dari BNI Syariah. Mereka menggunakan metode perhitungan Bunga Anuitas, yang artinya cicilan untuk setiap periode jumlahnya tetap. Ini sangat memudahkan saya dalam merencanakan budget keuangan keluarga.

 

 

Untuk rasio cicilan itu sendiri sebenarnya sudah ada referensinya, dimana sebaiknya maksimal 30% dari total pendapatan yang ada. Supaya bisa mengurangi potensi timbulnya masalah dalam pembayaran itu sendiri, salah satunya adalah dengan meningkatkan jumlah  uang muka. Kalau bisa membayar lebih uang mukanya, maka cicilan bisa menjadi lebih rendah atau memperpendek tenor pembayaran. Untuk mengetahui skema pembayaran dari Griya IB Hasanah yang sedang kami jalani, bisa ke postingan kami di sini.

 

Intinya lebih baik banyak bertanya di awal, sehingga kita tidak sesat di jalan. Saat ada pertanyaan dan waktunya memungkinkan langsung sampaikan kepada pihak bank. Saya juga bertanya dengan pihak marketing, karena mereka juga tahu secara garis besar mengenai pembayaran ini. Semoga postingan ini bisa mendekatkan semua yang membaca ke rumah impian kita semua.

 

V 1.0

  1. […] Padahal asumsi kami saat mengumpulkan informasi tentang Pelunasan Sebagian Sebelum Jatuh Tempo, bank tersebut memiliki pelayanan yang lebih baik. Dalam sebulan komunikasi berjalan baik dengan orang marketing BSM Kebon Jeruk, formulir pembiayaan pun sudah dikirimkan kembali. Sayangnya selang waktu dua bulan, kami tidak kunjung mendapatkan respon. Singkat cerita kami putuskan KPR dengan BNIS saja. Alasannya adalah BNIS tawarkan flat margin dan menerima pengajuan PSSJT, plus ada promo KPR yang akan berakhir di bulan itu (Baca juga: Ambil KPR Bank Apa) […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *