Beli Rumah atau Kontrak: Selesai Bangun Rumah

posted in: Lifestyle | 0

Pada postingan terakhir dari seri ini, sedikit banyak menjelaskan bahwa sebagai pembeli tugas kita tidak berhenti hanya sampai memastikan pembangunan rumah selesai.

 

Mungkin buat yang ngikutin seri ppstingan ini sudah beberapa kali PPJB disebut yah. Buat yang belum, bisa cek tentang fungsi PPJB saat membeli rumah. Di dalam PPJB tersebut, ada penjelasan mengenai spesifikasi rumah. Aku perlu mencocokkan spek rumah yang tertulis dengan rumah yang sudah jadi dibangun. Bila ada perbedaan kita berhak untuk kontak developer dan follow-up. Di tahap ini, saat masih membangunan rumah aku menemukan memang ada beberapa poin yang berbeda, seperti pemasangan pompa air/ sumur bor dan dinding yang seharusnya diplester. Follow up poin-poin tersebut butuh waktu yang tidak sebentar, jadi lebih baik dipantau dari awal yah.

 

 

Semoga setelah follow up spek yang ada di PPJB, cocok semuanya sudah sesuai dengan yang seharusnya. Mulai dipikirin apa ada yang mau direnovasi atau enggak. Buat yang mau nabung dulu sebelum buat renovasi rumah, mungkin bisa dimulai sekarang. Karena sekitar 3 bulan ke depan, perlu dicek maintenance apa aja yang akan dilakukan. Untuk di rumah, kebetulan kita nambahin kanopi dari material Alderon supaya lebih adem. Namun saat hujan ada tetesan air yang turun ke area dapur, jadi masih perlu diakali supaya gak bocor.

 

Ada hal yang gak kalah penting juga yaitu mengecek fasilitas umum atau fasum di sekitar tempat tinggal. Kebetulan fasilitas perumahan yang disediakan developer itu musholla, walaupun sebenarnya gak jauh dari lokasi ada masjid. Selain itu ada juga fasilitas keamanan melalui kamera CCTV yang tersebar di beberapa titik, jadi cukup untuk memantau keamanan sekitar.

 

 

Mungkin itu aja sih tiga poin yang perlu diperhatikan saat pembangunan rumah sudah selesai. Mulai dari mengecek PPJB, mempertimbangkan renovasi rumah dan mengecek fasilitas umum itu sebenarnya saling berkaitan. Semoga artikel ini memudahkan bagi yang sedang menunggu rumahnya jadi dibangun, yah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *