Liburan Dulu: Berlibur ke Treasure Bay Bintan

posted in: Travel | 1

Kali ini saya mau berbagi pengalaman saya berkunjung ke Treasure Bay yang merupakan salah satu tempat rekreasi paling hits di Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Jadi, Treasure Bay ini menurut saya tempat wajib untuk dikunjungi jika kalian berkunjung ke Pulau Bintan. Terletak di kawasan Bintan Resort, Treasure Bay terdiri dari kolam renang (laguna) berukuran raksasa dengan panjang kurang lebih 800 meter dengan luas kurang lebih 6,3 hektar yang dinamakan dengan Crystal Lagoon serta beragam aktifitas dan permainan lainnya, seperti kayak, bumper boat, sepeda air, jetovator, dan lain-lain. Secara keseluruhan, Treasure Bay ini memang nyaman banget dan cocok buat liburan keluarga karena terdapat berbagai aktifitas untuk semua kalangan.

Desain kolam Crystal Lagoon, Treasure Bay dibuat seperti pantai dengan dilengkapi pasir-pasir pantai yang halus dan lembut di pinggir kolamnya. Kolam renang juga dibuat dangkal seperti di pantai dan semakin ke tengah semakin dalam (kedalaman di bagian tengah kolam bisa 2 meter lebih). Seperti berada di laut, air dari kolam Crystal Lagoon juga terasa asin jika dicicipi.

pemandangan kolam treasure bay bintan
pemandangan kolam treasure bay bintan

Harga tiket masuk pada waktu saya berkunjung (saya berkunjung pada September 2016 dan April 2017) adalah Rp. 100.000 untuk dewasa dan Rp 70.000 untuk anak-anak. Oh ya, untuk setiap permainan, pengunjung perlu membayar biaya tambahan yang berbeda-beda ya. Pada saat masuk, setiap orang akan diberikan gelang elektronik yang juga berfungsi sebagai tempat deposit sejumlah uang jika ingin membeli makanan, minuman, atau mencoba permainan yang tersedia.

Tips Liburan ke Treasure Bay Bintan:

Berikut ini merupakan tips yang bisa saya bagikan berdasarkan pengalaman saya dua kali berkunjung ke Treasure Bay:

1. Beli tiket secara online

Pada waktu menulis tulisan ini, saya sempat mengecek bahwa ternyata kalo beli tiketnya di situs Traveloka secara online ternyata lebih murah dibandingkan kalo beli on the spot. Lumayan kan.

foto penulis sebelum berenang
foto penulis sebelum berenang

2. Berkunjung di saat ada event khusus

Pada saat event khusus biasanya terdapat beragam atraksi tambahan, lomba-lomba yang dapat diikuti, atau diskon tiket masuk. Untuk itu, sebelum berkunjung mungkin ada baiknya cek dulu instagram mereka ya di @treasurebaybintan.official. Sebagai contoh, pada waktu saya berkunjung di bulan September 2016, saya dan teman-teman dapat potongan tiket masuk 50% loh karena Treasure Bay sedang merayakan ulang tahunnya. Asik kan :D.

bisa asyik tiduran di pinggir kolam 
bisa asyik tiduran di pinggir kolam

3. Hindari datang siang-siang

Berhubung kolam renangnya outdoor dan luas, alangkah lebih baik dan nyaman kalau datang pagi hari atau datang di atas jam 2 siang biar gak terlalu panas. Pastikan juga tidak datang mepet-mepet waktu tutup ya biar bisa puas berada di arenanya karena terdapat banyak aktivitas dan permainan yang bisa dilakukan di Treasure Bay yang sayang kalo dilewatkan saat sudah berada di sana.

kolam treasure bay bintan terlihat sangat luas
kolam treasure bay bintan terlihat sangat luas

4. Pakai sunblock

Berhubung cuaca di Pulau Bintan sangat panas pada siang hari. Pastikan untuk memakai sunblock ya. Ini penting karena kalau terpapar panas pada siang hari selain bisa bikin kulit menjadi gelap, pada beberapa orang juga bisa menimbulkan iritasi pada kulit yang biasanya muncul keesokan harinya. Saya pengalaman soalnya. asyik main dan berenang tanpa sunblock, ternyata besoknya punggung iritasi selama beberapa hari karena kena terik matahari.

bersiap berenang 
bersiap berenang

5. Tidak boleh bawa makanan/minuman dari luar

Untuk yang senang membawa bekal dari rumah, sebaiknya tidak perlu bawa ya pada waktu berkunjung karena memang tidak boleh oleh manajemennya. Jadi, jika memang tidak mau keluar uang lebih untuk membeli makanan di dalam area Treasure Bay, pastikan anda dan keluarga sudah mengisi perut sebelum masuk ke dalam area ya.

  1. […] Sekian pengalaman saya berkunjung ke perbatasan Indonesia-Papua Nugini. Semoga menginspirasi. Baca juga: Treasure Bay Bintan […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *