tiba di harbourfront, singapore

Liburan Dulu: Menyeberang naik Ferry ke Singapore dari Batam

posted in: Travel | 1

Halo gaes, kali ini saya mau berbagi pengalaman dan tips-tips travelling ke Singapore melalui Batam. Kebetulan di tahun 2016 dan 2017 saya memperoleh beberapa kali kesempatan berkunjung ke Batam karena urusan kantor. Batam dan Singapore memang hanya terpisah selat sejauh 20 km dan bahkan dari beberapa titik, skyline Singapore bisa terlihat jelas. Alasan inilah yang membuat setiap berkunjung ke Batam saya selalu berkeinginan untuk naik ferry ke Singapore mampir ke negeri yang (jauh) lebih maju itu.

Sebagai informasi, jadi setiap weekend (akhir pekan) memang banyak orang-orang Indonesia, baik yang berdomisili di Batam dan sekitarnya, maupun dari luar Batam yang menyeberang ke Singapore naik ferry. Alasannya bermacam-macam, ada yang memang ada kepentingan bisnis, sekedar berlibur akhir pekan bersama keluarga (sodara saya ada yang cerita suka nyeberang untuk makan Burger King aja di Singapore), atau yang seperti saya, dinas ke Batam dan kepengen main sebentar ke Singapore karena jaraknya yang sudah deket banget.

Untuk memenuhi rasa penasaran, saya akhirnya mencari informasi dari teman yang sudah pernah dan om google tentang bagaimana sih cara ke Singapore dari Batam. Untuk lengkapnya, berikut ini hal-hal yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan saat ingin menyeberang ke Singapore dari Batam:

Pastikan anda membawa Paspor

Ini basic banget ya gaes, sebelum beli tiket ferry, pastikan sudah bawa paspor. Pastikan juga masa berlaku paspor masih lebih dari 6 bulan karena standarnya memang sebelum masuk ke negara lain paspor kita paling tidak masih berlaku 6 bulan ke depan. Kalau paspornya udah mau expired gimana? hehehe. saran saya sih jangan, daripada disuruh balik atau ditahan dulu di imigrasi.

Oh ya, dulu saya sempet dengar-dengar rumor bahwa kalau dari Batam ke Singapore cukup bawa KTP. Nah, ini hoax ya gaes. semuanya wajib bawa paspor kalo mau masuk ke sana.

Perhatikan spare waktu yang anda punya

Sebelum memutuskan untuk menyeberang, pastikan memang anda punya cukup waktu, baik untuk perjalanan bolak-balik naik ferry, antri di imigrasi, dan pastinya waktu untuk jalan-jalan setelah sampai di Singapore. Berikut ini ilustrasi saya:

  • waktu yang dibutuhkan untuk perjalanan bolak naik ferry dari Batam ke Singapore adalah 1 jam. Demikian juga naik ferry dari Singapore ke Batam kurang lebih memakan waktu 1 jam. Jadi total waktu perjalanan adalah 2-3 jam.
  • pada saat anda sampai ke Singapore, biasanya akan ada antrian imigrasi yang lama waktunya gak tentu. Tapi, dari pengalaman saya menyeberang, antriannya selalu panjang dan bisa memakan waktu hampir 1 jam untuk mendapatkan giliran.

dari ilustrasi saya di atas, terlihat bahwa paling tidak, kalau mau main ke Singapore dari Batam anda harus punya waktu luang di atas 5 jam. Itu artinya, kalau mau berangkat ke sana jangan kesorean ya gaes. Saran saya malah dari pagi sekalian kalau mau ke sana.

Terus, temen-temen yang ke Batam buat dinas, dan sudah punya tiket pesawat meninggalkan Batam di sore atau malam hari mending jangan maksain mampir ke Singapore deh, kecuali kalau memang berangkat nyeberangnya pagi-pagi sekali ya. hehehe.

Tips membeli tiket ferry ke Singapore

Saat ini berdasarkan pengamatan saya, perusahaan penyedia jasa Ferry rute Batam-Singapore setiap harinya itu ada beberapa, Salah duanya ada Batam Fast dan Majestic Ferry. Untuk tiket ini sebenarnya bisa booking online, tapi kalo dari pengalaman saya, lebih baik datang ke salah satu agen perjalanan yang ada di kota Batam untuk dapat harga yang lebih murah. Waktu tahun 2016 dan 2017 itu saya belinya di Anshun Tours & Travel dan dapet harga tiket PP dengan kisaran 280-300 ribu rupiah.

Pastikan tiketnya PP ya biar lebih murah, karena kalo beli dari Singapore setahu saya harganya lebih mahal (bisa dicek sendiri). Kemudian juga pastikan tiketnya bersifat fleksibel (open tiket). Dengan begitu, kita bisa bebas mau berangkat hari apa dan jam berapa selama masih tersedia kursi kosong di ferry yang akan ditumpangi.

Oh ya, di Batam ada beberapa pelabuhan/terminal ferry. Jadi, sebelum membeli tiket, tentukan anda mau berangkat dari pelabuhan ferry yang mana ya. Kalau saya waktu itu berangkat dari pelabuhan Batam Center dengan tujuan ke Harbourfront, Singapore.

Download peta sebelum berangkat

Sebelum berangkat, saran saya sempatkan untuk mengunduh (download) peta Singapore di Google Map. Dengan begitu, saat sampai kita tidak perlu lagi bergantung pada koneksi internet untuk mengetahui jalan dan lokasi kita. Buat yang belum tahu caranya bisa cek tulisan kami berikut ini : Tips: Cara Mendownload Peta di Google Map

Bawa bekal

Untuk yang satu ini opsional sih, menyesuaikan tujuan dan budget travelling anda. Kalau memang di Singapore ingin berhemat dan hanya sekedar mengunjungi tempat-tempat menarik, bawa bekal aja dari Batam untuk dikonsumsi di sana.

Ditanya imigrasi Singapore

Pengalaman saya, setiap sampai di Singapore, pasti ditanya beberapa hal oleh petugas imigrasinya. Jangan panik, ini hal lumrah, cukup dijawab dengan jujur bahwa anda bermaksud jalan-jalan. Untuk yang berencana menginap, dicatat ya lokasi menginapnya karena biasanya ditanya juga.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

  1. […] Baca juga: Naik ferry ke Singapore dari Batam […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *