Pentingnya Tempat Tinggal : Apakah Pelunasan Sebagian KPR Itu Mungkin ?

posted in: Lifestyle | 0

Dari awal sebelum kami memutuskan untuk mengambil KPR, sudah ada pertanyaan yang pertama muncul di benak kami. Salah satunya, “Bagaimana kalau ada rejeki lebih, apa bisa melakukan pelunasan sebagian?”. Dengan bekal pencarian dari berbagai situs tersebut, kami memilih Bank untuk akad KPR.

 

 

Setelah menemukan lokasi rumah yang tepat, sudah ada 3 bank yang ditawarkan oleh developer. Saat ini developer kami bekerja sama dengan Bank Syariah Mandiri, Bank BNI Syariah dan Bank Muamalat. Tadinya kami tertarik dengan BSM, namun akhirnya kami urungkan rencana tersebut.

 

Padahal asumsi kami saat mengumpulkan informasi tentang Pelunasan Sebagian Sebelum Jatuh Tempo, bank tersebut memiliki pelayanan yang lebih baik. Dalam sebulan komunikasi berjalan baik dengan orang marketing BSM Kebon Jeruk, formulir pembiayaan pun sudah dikirimkan kembali. Sayangnya selang waktu dua bulan, kami tidak kunjung mendapatkan respon. Singkat cerita kami putuskan KPR dengan BNIS saja. Alasannya adalah BNIS tawarkan flat margin dan menerima pengajuan PSSJT, plus ada promo KPR yang akan berakhir di bulan itu.

 

Kami sendiri melakukan akad pada bulan bulan Juli 2018 di Bank BNI Syariah Bogor untuk KPR selama 10 tahun (Hints: kami beli rumah yang berlokasi di daerah Depok). Sempat saat akad kami tanyakan mengenai PSSJT, dan bagian Consumer Business-nya mengiyakan kemungkinan pengajuannya diterima. Perihal ini memang tidak dijanjikan dan tertulis saat akad. Jadi perhitungan real untuk PSSJT Griya IB Hasanah memang tidak ada, sehingga kami mencoba membuat simulasinya.

 

Informasi Akad KPR Awal

 

Syarat yang diberitahukan BNI Syariah bila ingin melakukan PSSJT adalah jumlah pelunasan minimal 25% dari keseluruhan plafon pinjaman. Pilihannya antara ‘jumlah cicilan tetap, periode berkurang’ atau ‘jumlah cicilan, berkurang periode tetap’. Sebagai info, saat ini kami sudah melakukan cicilan selama 7 bulan. Seandainya kami mengajukan PSSJT sejumlah 100 juta rupiah, berikut estimasi versi kami:

 

Simulasi Pelunasan Sebagian KPR BNI Syariah

 

Simulasi pertama adalah untuk PSSJT dengan jangka waktu pembiayaan yang sama dan angsuran perbulan yang diperkecil. Sedangkan pada simulasi kedua, adalah perhitungan versi kami untuk jangka waktu yang diperpendek tetapi angsurang perbulannya tetap sama. Doa kami adalah semoga ada rejeki sehingga kami bisa melunaskan sebagian KPR. Semoga artikel ini bermanfaat untuk yang akan atau sedang mengambil KPR, yah!

 

V 1.0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *