Pentingnya Tempat Tinggal : Apakah PPJB Cukup Saat Membeli Rumah?

posted in: Lifestyle | 0

Di postingan seri Pentingnya Tempat Tinggal sebelumnya, kita kan sempat membahas bagaimana cara mencari rumah yang tepat. Kalau misalnya sedikit berbelok nih ke masa-masa saat nyari kerja, pasti ada Namanya surat kerjasama, kan? Baru habis surat kerjasamanya itu disepakati, bisa mulai bekerja di perusahaan yang kalian inginkan. Sama hal nya dengan beli rumah, terutama yang kita bahas di sini itu rumah inden.

Cover PPJB

 

Di pertemuan yang kesekian dengan seorang marketer dari developer rumah kita, akhirnya untuk pertama kalinya diminta untuk menandatangani PPJB. Nah, PPJB itu singkatan dari Perjanjian Pengikatan Jual Beli. PPJB ini bila disepakati, baru nantinya bisa berlanjut ke step berikutnya yaitu akad kredit. Ada beberapa hal penting yang perlu dipahami di dalam PPJB ini, antara lain:

Spesifikasi Lahan dan Bangunan

 

  1. Detail tentang luas tanah, spesifikasi bangunan dan jenis sertifikat atau izin yang akan didapatkan untuk lahan atau tanah tersebut
  2. Jumlah uang muka/ down payment dan metode pembayaran seperti apa, kalau lagi ada uang sih sebaiknya langsung tunai aja.
  3. Bagaimana bila terjadi pemutusan perjanjian atau dengan kata lain batal beli rumah. Sebagai calon pembeli, otomatis fokus kita lebih ke hal-hal yang bisa merugikan kita. Harapannya enggak, aemoga aja rumahnya gak telat selesai dibangunnya.
  4. Yang tidak kalah penting sebenarnya tentang pembayaran pajak. Cuma poin ini tidak ada di PPJB yang kita dapat. Pas di akad kredit, pastinya detail tentang pembayaran ini ada dan jumlah berapa besar nilai kredit yang perlu dibayar.

 

Harga Jual dan Sistem Pembayaran

 

Berhubung kita sudah akad kredit dari hampir setahun yang lalu, jadi PPJB yang kita share ini sudah tidak berlaku lagi. Karena sudah digantikan dengan dokumen akad kredit yang resmi dan sudah diresmikan oleh pihak Bank dan Notaris juga. Buat yang mau beli rumah, semoga sharing kita kali ini membantu, yah!

 

 

V 1.0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *