Persiapan Liburan: Download Peta Google Maps

Kali ini saya mau berbagi tips nih buat teman-teman yang akan berlibur ke luar negeri atau melakukan perjalanan ke luar kota. Dari pengalaman pribadi, saat sedang melakukan perjalanan ke luar kota atau ke luar negeri, penting banget untuk selalu tau lokasi keberadaan kita. Di zaman serba gadget sekarang ini solusinya adalah dengan download peta Google Maps sebelum berangkat. Jelas udah gak zaman dong ya bawa-bawa peta fisik atau globe. hehehe.

Nah, kendala yang pernah saya alami adalah saat ke luar kota, operator seluler saya ternyata gak ada sinyal atau lambat sekali koneksi datanya. Kondisi ini otomatis menyebabkan saya gak bisa buka Google Maps dan kehilangan arah. Kalau masih berada di area ramai atau tengah kota sih masih mending, tapi kalo lagi ada di jalan antar provinsi yang sepi kan lumayan bikin khawatir.

Sementara itu, kalo pas ke luar negeri, kendalanya adalah kadang-kadang agak males dan mahal kan langganan paket data di sana, baik itu pake roaming atau beli kartu seluler lokal. Sementara itu, jaringan wifi gratisan juga jelas gak bisa diandalkan (sama lah seperti di Indonesia). Ya mungkin di beberapa tempat ada, tapi pengalaman saya kebanyakan sih memang gak ada, atau ada tapi dipersulit dan lambat wifi nya.

Solusi andalan saya untuk permasalahan di atas adalah dengan mendownload peta Google Maps sebelum berangkat. Untuk detail langkah-langkahnya yang saya ambil dari Om Google langsung adalah sebagai berikut:

 

Langkah 1: Download

Download Peta Google Maps di Android:

  1. Pada ponsel atau tablet Android, buka aplikasi Google Map Google Maps
  2. Pastikan perangkat tersebut sudah terkoneksi ke internet ya, kalau bisa koneksikan ke wifi karena ukuran peta yang didownload bisa lumayan besar.
  3. Setelah perangkat terkoneksi dengan internet, lakukan signed in ke Google Maps. Biasanya sih ini udah by default jadi bisa langsung lanjut ke langkah selanjutnya
  4. Lakukan pencarian terhadap tempat atau nama kota atau daerah yang akan disimpan, contohnya: Depok
  5. Setelah hasil pencarian keluar, pilih yang paling sesuai
    download google maps area depok
    download google maps area depok
  6. Setelah itu tap More(pada layar Android ada di pojok kanan atas) → Download offline map → Download
    pilih opsi download offline map
    pilih opsi download offline map
    tap download
    tap download

Catatan: by default, peta yang di-download akan tersimpan di memory internal perangkat ya. Kalau mau mau menyimpan di SD Card bisa dilakukan pengaturan lebih lanjut ya dengan cara yang dijelaskan pada link Om Google ini.

Download Peta Google Maps di iPhone & iPad:

Langkah-langkah downloadnya pada prinsipnya sama ya gaes. Berhubung saya bukan pengguna iPhone atau iPad jadi mohon maaf gak bisa kasih ilustrasi lebih lanjut.

 

Langkah 2 (opsional khusus Android): Menghemat baterai dan paket data

Berikut ini pengaturan tambahan ya, jika ingin agar aplikasi Google Maps hanya menggunakan offline map yang sudah di-download, jadi bisa menghemat baterai dan paket data.

  1. Pada ponsel atau tablet Android, buka aplikasi Google Maps Google Maps
  2. Tap Menu Menu → dan nyalakan Wi-Fi only
    nyalakan opsi wifi only
    nyalakan opsi wifi only

 

Langkah 3: Menggunakan Peta Offline

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, tinggal gunakan Google Maps seperti biasa deh. Aplikasi Google Maps akan secara otomatis menggunakan peta yang sudah di-download saat koneksi internet tidak tersedia atau melambat. Sebagai catatan pada saat menggunakan offline map:

  • kita tetap bisa memperoleh direction atau panduan arah, tapi tidak mencakup transit, rute sepeda, atau rute jalan kaki.
  • kita gak bisa dapat informasi kemacetan lalu lintas, rute alternatif atau panduan lajur ya.

 

Sekian panduan dari saya. Semoga dapat membantu teman-teman yang akan berlibur ke luar negeri atau ke luar kota ya agar terhindar dari tersesat.

 

Baca juga tuilsan kami yang lain ya https://deenata.com/category/travel/

  1. […] Sebelum berangkat, saran saya sempatkan untuk mengunduh (download) peta Singapore di Google Map. Dengan begitu, saat sampai kita tidak perlu lagi bergantung pada koneksi internet untuk mengetahui jalan dan lokasi kita. Buat yang belum tahu caranya bisa cek tulisan kami berikut ini : Tips: Cara Mendownload Peta di Google Map […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *