Starter Kit Bisnis : Tantangan Menjalankan Usaha Online

Tantangan menjalankan usaha online itu buanyak. Nah, sumber cerita di luar sana menjelaskan bahwa bisnis online itu mudah. Bener banget, bahkan hanya berbekal handphone dan paket data kalian sudah bisa mulai kok. Disclaimer.. Kita disini bukan pakar e-commerce. Bener-bener murni mau share tantangan apa saja yang pernah kita alamin selama 5 tahun ke belakang. Kalo gitu, langsung aja yah..

Menjaga Konsistensi

Dulu saat merintis R&A Baby Shop, ada hari-hari dimana tidak ada sama sekali orang yang berbelanja. Berbagai usaha kita lakukan untuk menarik Customer. Sampai sekarang pun kita ga pernah berhenti untuk belajar. Hanya saja bagi kebanyakan orang euphoria dalam berbisnis bertahan di tahun-tahun pertama saja. Akhirnya saat tidak ada satupun pelanggan yang melirik untuk berbelanja, seketika memutuskan bahwa bisnis itu tidak cocok untukmu. (Baca juga: Mencari Bisnis yang Cocok)

Tantangan Menjalankan Usaha Online

Pengelolaan Keuangan

Hal yang satu ini kedengeran mudah, cuma rada susah kalau tidak mulai dipraktekkan. Menjaga cashflow (keuangan kas) secara konsisten itu penting, dimana dalam bisnis itu prioritas utamanya adalah pembayaran invoice, penambahan modal dan lainnya. Selain itu kalau bisa pisahkan keuangan yang berkaitan dengan bisnis dan kebutuhan pribadi, dengan cara menyimpannya di rekening bank yang berbeda. Nanti setelah itu akan terlihat berapa besar profit yang didapatkan tiap bulannya, agar bisa diputarkan lagi sebagai tambahan modal (Baca juga: Tips Hemat Shopping Kebutuhan Sehari-hari)

Kalau misal urusan pengelolaan keuangan ini cukup mengintimidasi kalian, cobain deh dimulai dengan hal yang sederhana. Contohnya seperti buat laporan pemasukan dan pengeluaran pribadi dalam sebulan apa saja, seminggu sekali. Dengan sendirinya akan terbiasa untuk mengelola keuangan sehingga bisa membantuk pengelolaan untuk skala bisnis.

Yang terakhir, sampai saat ini kami memilih untuk bootstrapping. Kami masih bisa menghindari utang dan tidak terburu-buru mencari pendanaan eksternal. Sebenarnya ini adalah hal yang personal, cuma sebisa mungkin mulai dulu saja bisnisnya. Karena hal ini juga bisa melatih mental diri dalam berbisnis.

Bekerja Sama dengan Orang Lain

Tidak ada satu orang pun yang bisa bekerja sendiri, pasti kita membutuhkan peran partner dalam kehidupan. Hal yang utama dalam bekerja sama adalah transparansi, leadership dan adanya kesepakatan tertulis antara kedua belah pihak misalnya terkait dengan pembagian profit.

Mungkin untuk sementara, baru hal ini yang bisa kita share tentang tantangan menjalankan usaha online. Intinya jangan pernah menyerah dan tantangan itu akan selalu ada di setiap fase hidup kita hanya bentuknya yang berubah. Tetap semangat!

Picture Source : freepik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *