Tips Hemat: Jalan-jalan Hemat di Korea

posted in: Travel | 0

Berlibur di akhir tahun selalu menjadi perbincangan bersama keluarga. Di tengah pemberitaan kpop yang terus menerus heap, Korea Selatan menjadi tujuan destinasi yang cukup populer bagi warga negara Indonesia. Sebagai negara maju, tidak dapat dipungkiri bahwa biaya hidup di Korea lebih tinggi dibandingkan di Indonesia. Nah, bagi yang berkeinginan berkunjung ke Korea, yuk simak tips jalan-jalan hemat di Korea dari kami. Oh ya, tulisan ini berdasarkan ingatan ke dua tahun yang lalu saat penulis melanjutkan studi di negeri Kpop. Jadi semisalnya ada informasi yang salah, bisa dikoreksi dan ditambahkan di kolom komentar yah.

Antrian Pembeli Tiket Subway Train
Antrian Pembeli Tiket Subway Train

 

#1 Tidak Pakai Tour Guide

Di media sosialnya komunitas para pelajar di Korea Selatan, banyak sekali yang menawarkan jasa tur guide untuk berkeliling di negara tersebut. Namun biasanya klien yang menggunakan jasa tersebut adalah rombongan WNI, perusahaan yang sedang melakukan riset dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk keluarga yang memiliki bayi atau anak di bawah umur, perjalanan jauh akan membuat sedikit tidak leluasa. Tanpa pemandu tur, kalian bisa lebih menentukan kapan harus berangkat, kapan istirahat, pergi kemana, dsb. Sehingga tujuan destinasinya bisa beragam dan tidak hanya yang mainstream.

 

#2 Gunakan Transportasi Umum

Untuk transportasi juga sebenarnya banyak sekali pilihannya, Commute dengan Subway Train, Bus dan Taksi. Subway Train sendiri yang biasa dipakai turis ada Korail Pass. Warga local biasanya menggunakan kereta bawah tanah untuk bepergian di dalam kota. Namun Korail Pass cocok untuk bepergian antar kota, walaupun dibanderol dengan harga tiket yang cukup mahal. Namun ada paket hemat untuk perjalanan semua tujuan, mereka menyediakan 2 jenis tiket, 2 hari berturut-turut atau tidak. Detailnya seperti di bawah ini:

 

tiket korail
Kunjungi situsnya di http://www.letskorail.com

#3 Menginap di Guest House

Selanjutnya untuk akomodasi bisa dipesan melalui online atau offline. Kalau mau lebih mudah bisa mencari dari berbagai situs online untuk pemesanan kamar. Biarpun begitu keputusan untuk mencari tempat penginapan on the spot tidak seburuk itu. Bila memiliki kenalan yang tinggal di Korea Selatan, ada baiknya meminta tolong mereka menghubungi guest house terdekat untuk pemesanan kamar. Harga semalam di guest house bisa jadi lebih murah dibandingkan tinggal di hotel.

 

#4 Makan Hemat di Sekitaran Kampus

Setelah perjalanan jauh dan rasa lelah, pasti yang dicari adalah makanan. Kalau on budget bisa mencoba cari tempat makan di lingkungan kampus. Selain harganya bisa dua kali lebih murah, rasanya pun tidak kalah enaknya. Buat yang non-muslim bisa dikonfirmasi apakah mereka masak menggunakan pork dan semacamnya. Meskipun ada juga yang mau makan di restoran yang sudah memiliki sertifikasi halal, tidak masalah itu tergantung pilihan masing-masing. Kalau mau lebih yakinnya, bisa langsung saja cari restoran Arab.

 

Di Salah Satu Warung Makan dekat Stasiun Subway Sinchon
Di Salah Satu Warung Makan dekat Stasiun Subway Sinchon

 

#5 Belanja Souvenir di Pasar Tradisional

Hari sudah mendekati waktunya pulang kembali ke tanah air. Kalau terpikir untuk membelikan souvenir bisa datangi pasar-pasar tradisional. Beberapa penjual dibandingkan berbicara dalam Bahasa Inggris, mereka lebih bisa berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia. Terlepas dari persoalan Bahasa, cobalah tawar-menawar harga sebelum akhirnya membeli.

 

Kira-kira tadi beberapa tips jalan-jalan hemat di Korea Selatan. Kalau kalian punya tips lainnya yang menarik bisa share juga. Semoga bermanfaat!

 

Booking.com

Baca juga tulisan kami yang lain: https://deenata.com/tips-hemat-shopping-kebutuhan-sehari-hari-untuk-keluarga/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *